Monday, December 12, 2011

Materi Pelatihan: Tips Sederhana Fotografi dengan Kamera Saku Digital

Materi ini disiapkan untuk Pelatihan Penerapan IT Sederhana dalam Kehidupan Sehari-hari, Rabu, 14 Desember 2011 di SMP Negeri 3 Penebel.


MENGENAL KAMERA SAKU DIGITAL

Kamera saku digital (bahasa Inggris: digital pocket camera) adalah kamera otomatis yang menggunakan format pengambilan gambar dan penyimpanan digital dengan ukuran kecil dan ringan sehingga mudah dibawa-bawa.

Kamera saku digital pada umumnya memiliki karakter yang sama seperti kamera saku manual (yang menggunakan media film). Sebagai kamera saku, kamera ini telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti kemampuan untuk menangani pencahayaan yang lemah dan fokus atas (Close up).

Kekurangan kamera saku digital

* Lamanya waktu tunda (delay) untuk merekam suatu gambar
* Keterbatasan penggunaan untuk mengelola obyek secara profesional dan perlakuan artistik tertentu.
* Keterbatasan asesoris pendukung seperti ketiadaan tukar pasang lensa, fiter.
* Fungsi yang terlalu sederhana dan monoton, walaupun untuk jenis kamera saku kompak terbaru juga sudah memiliki fasilitas dan fungsi yang hampir sama dengan jenis kamera LSR digital.


TIPS PENGGUNAAN KAMERA SAKU DIGITAL

Banyak foto-foto bagus diambil dengan kamera saku digital yang biasa-biasa saja.
Menggunakan kamera poket digital itu jauh lebih gampang daripada kamera profesional seperti DSLR. Nah supaya bisa bagus menggunakan kamera biasa, berikut tips dan tricknya


1 Kuasai Fungsi Kamera.

Seperti halnya komputer, jika kita hanya bisa menggunakannya hanya untuk mengetik, Komputer pun tidak bedanya seperti mesin tik dengan monitor, namun jika kita mengerti fungsi-fungsi canggih komputer, maka kita akan bisa menghasilkan sesuatu yang lebih bernilai. Seperti untuk mengedit foto, untuk mendesign gambar, untuk menciptakan lagu. Dan lain-lain.
Digital kamera biasanya mempunyai fungsi-fungsi yang dapat mempermudah kita dalam memfoto. Misalnya: macro (untuk foto jarak dekat dibawah 10cm), mode night snapshot, aperture priority, ataupun panorama dan lain-lain. Gunakanlah sesuai keadaan.


2. Komposisi

Komposisi adalah tata letak gambar. Misalnya seperti gambar dibawah ini.
Daripada kita memposisikan orangnya ditengah gambar, akan lebih menarik jika di posisikan disamping gambar, ataupun duduk sehingga pemandangan di background pun dapat terlihat lebih jelas.



3. Lighting, ada backlightnya gak?

Kalau ada backlight (sinar dibelakang object) maka akan terjadi siluet. Jika anda tidak ingin terjadi siluet anda dapat menggunakan lampu blitz.

Biasanya sering siluet ketika kita berfoto dengan matahari ketika sunrise atau sunset

Selain itu kondisi yang super terik panas dapat juga menyebabkan foto kurang bagus. dikarenakan kondisi background lebih terang dibandingkan objek yang kita foto sehingga dapat dikategorikan backlight

Atau letak matahari yg menyebabkan shadow (pada foto 1 shadow berada di muka). Di beberapa kamera poket yang cukup cangih sudah dapat mendeteksi hal ini. Blitz akan otomatis menyala. Tetapi masih banyak yang belum canggih bukan?

Coba bandingkan, (foto 1 tidak menggunakan blitz, foto 2 menggunakan blitz)

Secara global dapat kita lihat di foto ke 2 orang nya lebih terlihat jelas. sedangkan foto no 1 ada bayangan hitam di muka dan sebagian lengan


TRICK

Tes foto terlebih dahulu 1 foto, kemudian perhatikan di LCD, dan perbesar gambar, lihat apahkah muka orang yang di foto terlihat jelas, atau seperti berbayang hitam.

Jika agak gelap muka nya. Maka kita harus menyalakan flash lightnya. Kemudian test lagi.

Jika muka orangnya terlalu putih, berarti kita terlalu dekat dengan obyek yg difoto. Lebih baik kita mundur sendiri. Kemudian kita bisa zoom. Agar orangnya terlihat jelas Karena ketika kita mundur pasti orang yg kita foto jadi lebih kecil bukan ?.so harus di zoom dikit.

Baca petunjuk manual kamera, biasanya kamera poket punya lampu blitz efektif 3 meter, lebih baik foto dalam jarak 3 meter, karena kalau lebih dari itu, intensitas cahaya lampu blitz akan berkurang.




TRANSFER FOTO DARI KAMERA SAKU DIGITAL KE KOMPUTER


Kita dapat memasukkan gambar atau foto dari kamera digital ke komputer untuk selanjutnya diolah menggunakan program aplikasi pengolah grafis. Perkembangan sistem operasi komputer memungkinkan teknologi plug and play yang memudahkan pekerjaan kita. Dengan teknologi tersebut, komputer akan langsung mendeteksi adanya perangkat keras yang terpasang dan segera memilih sendiri perangkat lunak yang diperlukan untuk meng-handle perangkat tambahan itu.
Sebuah kamera digital merupakan salah satu perangkat di luar sistem komputer yang dapat terkoneksi dengan komputer secara plug and play. Aktifkan komputer anda, koneksikan kamera digital ke komputer anda (biasanya menggunakan kabel USB) kemudian aktifkan kamera digital anda.

Beberapa saaat kemudian, kamera digital akan segera dikenali oleh sistem komputer dalam bentuk sebuah drive baru dengan folder berisi file-file gambar hasil bidikan kamera kita. File-file tersebut dapat dicopy ke komputer kita seperti halnya meng-copy file ke folder biasa. Setelah transfer gambar selesai, lakukan prosedur menon-aktifkan drive seperti pada USB flashdisk. Setelah muncul konfirmasi bahwa kita boleh melepas hardware kita, segera matikan kamera digital dan lepaslah kabel koneksinya.

Sekali foto kita berada di komputer, kita dapat mengolah atau memanipulasinya menggunakan software pengolah grafis yang sesuai.



KRITERIA FOTO BAGUS DAN ISTIMEWA

Apa yang Membuat Foto Bagus?

Foto bagus adalah foto yang berisi pesan. Pesan bisa berupa pernyataan (Inilah Danau Toba), kesan (Suasana Senja di Danau Toba), atau ungkapan emosi (Jatuh Cinta di Danau Toba). Pesan yang bagus adalah pesan yang jelas, tegas dan efektif. Tapi bagaimana?

Pesan butuh sebuah subjek. Tentang apa yang ingin anda sampaikan. Itu bisa saja berupa seorang yang anda kenal, pemandangan, atau bentuk-bentuk abstrak. Subjek adalah pusat dan biasanya ditempatkan di foreground. Lalu kita menyusun pesan dengan memasukkan bagian kedua, yakni context, seringkali berupa background. Context memberikan relevansi, keberadaan, lokasi subjek, atau minat lainnya. Pesan adalah kombinasi dua elemen subjek dan context, foreground dan background yang menceriterakan pesan tersebut.

Seperti pentingnya mengetahui apa saja yang perlu dimasukkan ke dalam pesan, kita juga perlu tahu apa yang tak perlu dimasukkan ke dalam pesan. Apasaja yang bukan bagian dari subject atau context dari pesan yang kita buat, maka itu hanyalah duri atau beling yang mengganggu, menggores-gores foto dan membuat pesan kita menjadi tidak jelas. Jadi kurangi bagian-bagian yang tidak relevan di sekitar POI biasanya dengan beringsut lebih dekat ke arah subject, atau berpindah untuk mendapatkan viewpoint yang lebih baik dan membuat bidikan yang jelas dan bersih. Seorang pelukis menciptakan seni dengan penambahan menambahkan apa yang dia lukis sementara fotografer menciptakan seni dengan pengurangan mengurangi bagian-bagian yang tidak perlu.

Resep untuk sebuah foto yang bagus adalah:
"Sebuah latar depan, sebuah latar belakang, dan tidak ada yang lain."


Apa yang Membuat Foto Luar Biasa?

Foto luar biasa langsung memukau mata. Sementara pepatah bilang: picture may say a thousand words, maka foto luar biasa hanya mengatakan satu kata saja: Wow!
Foto luar biasa adalah karya seni. Ia merekam semangat dari subjek dan membangkitkan emosi. Bob Krist menyebutnya The Spirit of Place. Anda juga dapat menggunakan trik-trik gamblang untuk membuat terpesona pengunjung galeri foto anda. Mari kita lihat bagaimana caranya.

Sebuah gambar adalah sebuah taman bermain, terdapat tempat-tempat di mana mata kita mengembara dan mengamati, juga ruang di mana mata kita beristirahat dan relaks. Ketika kita pertama melihat sesuatu, kita bersikap untuk tidak terpengaruh. Mata kita lalu secara alami menemukan cahaya, area terang, dan mencari orang, biasanya pada mata dan mulutnya. Apakah kita tahu orang yang ada di dalam gambar? Apa yang mereka rasakan dan bagaimana hal tersebut berhubungan dengan kita? Apakah mereka tergambar memperhatikan pada sesuatu? Jika begitu, apakah kita mengenalinya (sebuah bangunan, sebuah landmark) dan seperti apa ia? Tentang apakah gambar tersebut? Apa subjek atau tujuan utamanya? Seberapa besar subjeknya? Kita menentukan skala dengan membandingkan elemen-elemen dengan sesuatu yang kita ketahui ukurannya, seperti orang, binatang, atau mobil. Sekali kita selesai mengamati orang dan elemen-elemen yang berkaitan, kita melanjutkan perhatian kita ke elemen-elemen yang lebih abstrak.

Pertama kita memperhatikan warna atau tone subjek. Merah membara, biru nan tenang, hijau natural, hitam mencekam. Lalu kita melihat bentuk. Kurva lembut, sudut kaku, garis-garis yang menyapu. Bagaimana cahaya mengenai subjek memberikan bayangan halus bentuk tiga dimensinya. Anda, sebagai fotografer, dapat memanipulasi ini semua dengan mencari terang dan gelap, menggeser intensitas dari tone dan hue. Bagaimana mata terseret ke dalam gambar?

Bentuk membimbing kita pada tekstur, bagaimana subjek terasa dalam sentuhan. Lembutkah ia, haluskah ia, keras atau kasar? Apakah memiliki karakter dan kehangatan? Cara elemen-elemen disejajarkan dan dipengaruhi oleh cahaya yang sama, membuat kita mempertimbangkan kualitas dan keterkaitan mereka. Keseimbangan menuntun mata kita dari satu elemen ke elemen yang lain, meneliti kesatuannya, kontras, dan detailnya, setiap item menambah keasyikan ke item berikutnya. Apa keterkaitan satu sama lain dari semuanya itu?

Sebagai seniman, anda dihadapkan pada pilihan yang akan mengungkap sense of the art anda. Komposisi secara keseluruhan, proporsi layout, penyajian elemen-elemen lain yang penting, anda dapat menentukan feature mana yang anda butuhkan, dan apa yang terbaik untuk menegaskan pesan anda.

Resep untuk foto luar biasa adalah:
Pertimbangkan bagaimana elemen-elemen berkaitan secara keseluruhan.

Apa yang Membuat Foto Eye-Catching?

Kembali kepada sifat eye-catching dari foto luar biasa, berikut rahasianya, 4 kunci saja: kesederhanaan, warna, cahaya dan kedalaman.

Kesederhanaan : Kesederhanaan dalam seni juga dikenal dengan sebutan visual economy , yakni mengeliminasi semua elemen atau detail yang tidak perlu yang tidak ada kontribusinya pada semangat komposisi secara keseluruhan.

Kesederhanaan dapat dicapai dengan beberapa cara:

•kurangilah jumlah dan tipe objek yang akan dibidik
•memotret lebih dekat pada subjek, atau zooming bila lensanya bisa di-zoom
•anda bisa juga menghilangkan elemen-elemen yang tidak perlu melalui jalur photoshop

Warna : Untuk menciptakan dampak pada foto anda adalah dengan mencari corak warna yang menonjol. Merahnya bunga, birunya langit, kuningnya senja, atau hijaunya dedaunan. Sekali lagi, kesederhanaan adalah kunci cobalah untuk mengurangi jumlah dan tipe warna dalam bidikan anda untuk lebih memberikan dampak. Secara umum, sebuah foto sebaiknya hanya memiliki satu subjek utama dan satu warna utama. Konsentrasikan hanya pada satu dari tiga warna primer: merah, biru atau kuning. Tiga warna dominan ini sangat baik diseimbangkan dengan warna-warna komplemennya, yaitu: merah dengan hijau, biru dengan oranye, dan kuning dengan ungu.

Ada beberapa cara untuk menonjolkan warna, pertama adalah dengan menggunakan filter polarizer. Cara yang kedua dengan membatasi range gelap ke terang. Singkirkan area yang terlalu gelap atau terlalu terang dibandingkan dengan subjek utama anda. Cara ketiga dengan menggunakan slide film Velvia. Cara keempat: pilih waktu terbaik sesuai dengan maksud foto anda:

jam 5 : Fajar : warna pink, cahaya yang sangat halus dan kabut tipis untuk danau, sungai dan pemandangan.
jam 6 : Sunrise : Cahaya renyah, keemasan. Pas untuk subjek-subjek menghadap timur.
jam 10 - 14 : Tengah hari : tidak cocok untuk pemandangan dan motret orang, tetapi bagus untuk motret gedung-gedung dan monumen. Warna-warna bangunan dan detailnya terekam sangat baik.
jam 14 - 16 : Sore hari : Langit biru dengan polarizer.
jam 16 - 18 : Senja hari : Cahaya yang hangat, keemasan. Pas untuk subjek-subjek menghadap barat. Waktu terbaik untuk landscape dan orang, khususnya satu jam sebelum sunset.
jam 18 - 18.30 : Sunset : Langit yang indah, mulai 10 menit sebelum sunset sampai 10 menit sesudahnya.
jam 18.30 - 19.30 : Magrib : Foto malam yang indah, lampu-lampu sudah bernyalaan sedangkan langit masih nampak keunguan.

Cahaya : Pencahayaan yang baik seringkali menjadi kunci foto-foto juara. Penggunaan cahaya siang hari secara efektif dapat juga memperbaiki foto anda. Untuk mencapai foto seindah di National Geographic, fotolah ketika cahaya berwarna keemasan muncul sesudah sunrise dan sebelum sunset, sering disebut "magic hours" di kalangan fotografer. Coba lihat lagi rincian dari waktu-waktu terbaik di atas.

Kedalaman : Sertakan rasa kedalaman pada foto anda. Kedalaman dapat dicapai dengan pengaturan DOF, penempatan elemen-elemen di dalam foto, dan pencahayaan.


Sumber: http://www.sunburstadventure.com/tips_fotobagus.html,
http://id.wikipedia.org/wiki/Kamera_saku_digital,
http://blogeniset.wordpress.com/2011/05/08/transfer-gambar-foto-dari-kamera-digital-ke-komputer/

2 comments:

  1. terimaksih infonya sangat membantu sekali

    ReplyDelete
  2. nice banget infonya, kebetulan saya sedang mulai belajar ilmu fotografi nih :D

    ReplyDelete