Monday, December 12, 2011

Blog Smasta 89, Blog Kita Bersama

by Harsa Wirottama

Saat pertama kali saya "ditugaskan" untuk mengerjakan bagian publikasi kegiatan-kegiatan sosial SMASTA 89, tanpa pikir panjang saya langsung bergerak untuk menciptakan sebuah blog yang akan menampilkan semua aktifitas kami. Menceritakan semua aktifitas merupakan suatu yang sangat penting di jaman sekarang. Semua orang perlu tahu tentang aktifitas kami, terutama aktifitas sosial. Siapa tahu dengan publikasi semacam ini akan bermunculan gerakan serupa dari individu atau komunitas lain yang memiliki pemikiran yang sama.

Saya memberanikan diri untuk menetapkan tanggal 11 Desember 2011 sebagai "hari lahir" blog ini. Hari yang bagus, apalagi buat kami di Bali, karena hari tersebut adalah hari suci yang bertepatan dengan sehari setelah Hari Purnama (Pinanggal Pisan Sasi Kanem). Mudah-mudahan blog ini akan berkembang, tambah berbobot isinya, bermanfaat, dan tentu saja diikuti dengan semakin banyaknya aktifitas sosial yang akan dituliskan di dalamnya.

SMASTA 89 akan semakin berkembang. Karena itu selain aktifitas sosial, content blog diupayakan juga mewadahi komunikasi para anggota. Pengembangan kreatifitas, posting informasi/artikel, sumbang saran, bahkan (mungkin) promosi usaha masing-masing akan ditampilkan. Oleh karena itu, di tahap awal kami memasukkan beberapa kategori utama:


Social Charity Events, seperti yang dijelaskan di awal, akan menampilkan kegiatan Alumni SMASTA 89 di bidang sosial dan pendidikan untuk kemajuan generasi muda bangsa.
Community Events, menampilkan liputan event-event yang melibatkan komunitas SMASTA 89
Knowledge Base, menampilkan artikel ilmu pengetahuan yang bisa dibaca-baca oleh non anggota, terutama pelajar. Termasuk pula materi pembelajaran yang diberikan saat kegiatan pelatihan ke sekolah-sekolah.
Go Green, menampilkan artikel yang khusus membahas masalah lingkungan hidup dan berbagai upaya di seluruh dunia dalam menyelamatkan lingkungan. Kami berupaya untuk menjadi salah satu peserta dari sekian banyak aktifitas di dunia dalam menyelamatkan lingkungan hidup.


Selain Kategori di atas, kemungkinan bisa dikembangkan kategori yang lain seperti profile anggota, artikel bermanfaat, prestasi yang dicapai anggota, daftar blog milik anggota, list daftar alamat dan nomor telepon, dan lain sebagainya.

Akan ada space pula untuk komunikasi antar anggota atau bahkan di luar anggota, dengan memposting satu dua patah kata di bagian Visitor's Message (baik sebagai follower terdaftar ataupun Anonymous).

Yang tidak kalah penting adalah menyediakan space untuk link ke website usaha masing-masing, sekalian membantu usaha anggota agar bisa lebih maju lagi. Karena dari komunitas akan mendapatkan efek luar biasa untuk promosi usaha.


Blog ini bukan monopoli administrator saja. Setiap anggota diperkenankan untuk memposting berita atau artikel-artikel ke dalam blog. Tentu saja menggunakan Google Account dengan user name dan password sendiri. Caranya adalah dengan mendaftarkan terlebih dahulu account masing-masing ke administrator. Juga dimungkinkan untuk merequest pemuatan artikel atau promosi usaha untuk ditampilkan.


Demikianlah, banyak sekali ide yang bisa dikembangkan dari blog ini. Ratusan ide masih tersimpan, dan semoga ide-ide brilian lain akan bisa diterapkan ke dalam blog. Tentu saja, sumbang dan saran sangat diperlukan untuk kemajuannya.

Sumbangan sekecil apa pun tetaplah sumbangan yang berguna. Dan percayalah, sumbangan ilmu pengetahuan adalah yang tertinggi. Mari kita majukan bangsa ini dengan menyumbangkan apa saja untuk generasi muda bangsa.

No comments:

Post a Comment