Thursday, December 15, 2011

Pelatihan Penerapan IT Sederhana dalam Kehidupan Sehari-hari di SMP Negeri 3 Penebel

By CofeRait (in Taste we Trust)




Berawal dari sebuah keinginan yang timbul dari keresahan teman-teman Smasta Angkatan 89, yang menginginkan adanya kegiatan bersama didasari atas keinginan tulus untuk saling berbagi...

Sekian banyak ide, usul dan pendapat muncul dari semua teman-teman yang berkesempatan hadir. Pembahasannya pun lumayan alot dibarengi dengan silang pendapat yang cukup serius... Seserius nikmatnya pisang goreng dan nangka goreng yang melengkapi teh manis dan kopi di petang 10 Desember 2011 di Warung Sawira. Akhirnya, judul kegiatan kami pun menjadi cukup panjang, seperti judul artikel ini, walau tidak sepanjang bentangan jalan dari Tabanan ke SMP Negeri 3 Penebel dengan begitu banyaknya keindahan panorama alam, sawah, gunung dan juga aroma khas kandang ternak.



Pukul 9.30 kami sampai di sekolah yang begitu rapi, hijau dengan taman tertata apik dan bersih. Kehangatan dan keramahtamahan anak-anak SMP Negeri 3 Penebel yang menyambut kami dengan senyum tulus mereka, membuat sirnanya aroma khas sepanjang perjalanan tadinya.

Acara berbagi dengan topik internet dan kamera saku yang diawal sangat datar dan tidak jauh dari kesan seperti belajar pada hari sekolah biasa, ternyata berubah menjadi sesuatu yang sangat hidup dengan penuh gairah pada segmen pengambilan foto dengan tema lingkungan sekolah, dimulai dari pembentukan empat kelompok sesuai dengan jumlah kamera saku yang kami sediakan. Anak-anak sangat antusias dan kelihatan sekali rasa tidak sabar khas anak-anak yang ingin untuk saling mendahului untuk mulai melukiskan apa yang mereka ingin ungkapkan melalui foto yang akan mereka ambil.





Wow.... Wow... Hanya itu yang terucap dan saling pandang kami seiring senyum dan tawa anak-anak ketika mulai membahas satu per satu alasan atau keinginan yang ingin mereka ungkapkan melalui foto yang mereka hasilkan. Banyak sekali anak-anak yang berbakat dan juga yang sangat peka dengan lingkungan sekitar, itu dapat kita lihat dan rasakan dari hasil jepretan mereka antar lain, kupu-kupu, bak sampah yang penuh, patung Dewi Saraswati, dan tidak ketinggalan kandang ayam yang menjepit sekolah mereka...

BIARKAN FOTO YANG BICARA”. Tetapi sudah siapkah telinga dan hati kita untuk mendengar???



2 comments: