Tuesday, December 13, 2011

Biarkan Foto Yang Bicara

By CofeRait (in Coffee we Trust)



Bermain-main dengan kamera saku bersama anak-anak SMP N 3 Penebel, 14 December 2011



Fotografi kalau bisa diterjemahkan dan dipahami sebagai seni melukis dengan cahaya. Karya fotografi diciptakan sebagai bagian dari cara manusia berkomunikasi. Sebagai makhluk visual, kita manusia merasa bahasa gambar jauh lebih efektif dalam menyampaikan pesan. Minimal ada foto yang mendampingi bahasa tulisan. Tidak lengkap rasanya berkomunikasi lewat bahasa tulisan tanpa dilengkapi dengan gambar. Disanalah fotografi menjadi hobby baru yang gemilang menunjukan keperkasaannya.

Untuk mampu menyampaikan pesan dalam bentuk gambar secara manjur, tentu saja membutuhkan latihan. Pemahaman dasar fotografi adalah kewajiban. Selanjutnya pemahaman teknis yang dibalut dengan keluasan cakrawala berpikir memungkinkan terciptanya sebuah karya fotografi yang mampu mengantikan banyak kata. Mampu menyampaikan pesan dalam bentuk gambar secara sederhana dan lugas.


Kata Foto adalah ruang catatan saya. Di ruang ini memungkinkan saya menuliskan tentang apa saja. Kesukaan, ketidak sukaan, kepedulian, ketidak pedulian dan lain sebagainya. Secara pribadi saya sangat mengagumi buku. Lantaran sesuai pengamatan saya, buku adalah satu-satunya media yang paling sedikit tercemar oleh kepentingan negatip modernisasi. Bahkan buku merupakan jalan utama untuk mencapai kecerdasaan intelektual, spiritual, emosional yang begitu penting untuk menjalani hidup lebih lanjut. Jika anda penikmat fotografi, bacalah buku demi melengkapi keindahan karya foto anda selanjutnya.

Berangkat dari hal tersebut diatas, kedepan diharapkan melalui Foto kita bisa minimal mendengarkan (andai belum sanggup untuk memahami) apa yang ingin disampaikan oleh anak-anak kita "kalau-seandainya" kita sepakat, ADA BEBERAPA SEKAT yang sadari atau tidak kita telah membuat jurang transformasi komunikasi antara kita.

Dikutip dari blog: Bayu Sahaja http://www.katafoto.com/sekilas-kata-foto.html

No comments:

Post a Comment