Tuesday, February 21, 2012

Ide pembuatan Pasar Bersama SMASTA 89

by Harsa Wirottama


Rekan semua...

Hampir sebagian besar di antara kita memiliki bidang usaha masing-masing sebagai mata pencaharian utama. Bahkan yang sudah memiliki pekerjaan tetap kantoran pun, tak jarang waktu luangnya digunakan untuk usaha sampingan. Lebih spesifik lagi, yang kita lakukan adalah MENJUAL.

Pemasaran di web seperti diketahui merupakan salah satu cara yang sangat strategis untuk menjual produk atau jasa kita. Akan tetapi, tidak semua orang mengetahui cara memasarkan barang di web. Segelintir orang memiliki website untuk memasarkan produknya, tapi banyak yang tidak tahu cara mempublikasikannya agar diketahui oleh banyak orang.


Alkisah ada sebuah ide untuk membuat PASAR BERSAMA dalam memasarkan produk kita masing-masing. Komunitas kita cukup besar. Dengan semua anggota kita wajibkan menjadi "member" pasar, maka setiap anggota bisa menjual produknya di sana. Setiap kali ada yang memposting produknya, anggota lainnya akan mendapatkan "berita" di timeline facebook mereka.

Barang apa pun bisa dijual di sini, barang baru, barang second, barang murah, barang mahal, jasa. Apa saja, kapan saja. Seseorang bisa menawarkan satu, dua, atau bahkan puluhan barang. Yang tidak sedang menjual akan menjadi penonton yang kemungkinan bisa membeli barang, atau setidaknya mengingat dalam hati.

Setiap orang pun akan tidak malu-malu untuk memasarkan produknya, mengingat ini memang sebuah pasar. Lain halnya apabila seseorang akan memasarkan produknya di wall group, akan berpikir dua kali mengingat tempat tersebut bukan sarana yang pas untuk menjual barang (dan akan ragu-ragu untuk posting di sana, khawatir akan resistensi pembaca).

Pasar ini akan diciptakan untuk komunitas SMASTA 89, namun tidak akan bisa dihalangi apabila suatu saat orang luar komunitas pun ikut serta sebagai anggota pasar. Semua anggota SMASTA 89 berhak dan diharapkan untuk menshare ke teman-temannya masing-masing. Kita tidak akan dirugikan, justru beruntung karena segmen pasar akan lebih luas (bagi penjual), dan barang yang ditawarkan lebih banyak (bagi calon pembeli). Adalah cita-cita kita bersama apabila pangsa pasar kita menjadi sangat luas, secara sosial kita memberi value sosial kita ke banyak orang.

Mengenai teknis dan aturan mainnya akan dijelaskan nanti. Kini saya hanya minta persetujuan, apakah bisa dijalankan. Semua pertanyaan silakan ditulis di comment voting.


Apa yang akan terjadi nantinya? Akan berlangsung sukses ataukah tidak? Jika sebagian besar setuju atau merasa perlu dengan "pasar" ini, mari kita coba saja.


Terima kasih

No comments:

Post a Comment